HMP PAI GELAR PELATIHAN MENULIS MAKALAH AKADEMIK YANG AFEKTIF; TEKNIK DAN STRATEGI

0

Sutisna, Martapura, 2024 - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura mengadakan Pelatihan Pembuatan Makalah yang berlangsung dengan sukses dari hari Sabtu hingga Minggu, 5-6 Oktober 2024, di kampus IAI Darussalam Martapura.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa baru dalam menyusun makalah, salah satu keterampilan esensial dalam dunia akademik. Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 27 mahasiswa baru yang sangat antusias untuk belajar. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Tarbiyah, Mihrab Afnanda, M.Pd., yang menegaskan pentingnya kegiatan ini untuk menunjang keberhasilan akademik mahasiswa. 

Muhammad Makmur, salah satu peserta, menyatakan, "Bagi mahasiswa baru, pelatihan ini sangat berguna. Alhamdulillah, ini membantu kami yang belum mengetahui cara menulis makalah dengan baik. Sekarang, wawasan kami tentang penulisan akademik semakin bertambah." begitu pun menurut Ahmad Firdaus, peserta lainnya, juga berbagi pengalamannya, "Sebelum pelatihan ini, saya tidak begitu paham tentang penulisan makalah. Sekarang, saya jadi mengerti bagaimana membuat cover, menulis paragraf yang benar, dan memahami unsur-unsur penting lainnya dalam makalah." 

Penyerahan Cendramata Oleh Ketua HMP PAI kepada Narasumber

Arifah Azizah, sebagai pemateri kegiatan, menjelaskan bahwa fokus utama pelatihan ini adalah memperkenalkan tata cara pembuatan makalah yang benar, termasuk unsur-unsur penting yang harus ada dalam makalah, mulai dari penulisan, ukuran font, spasi, cara menambahkan nomor halaman, hingga tata cara penulisan footnote dan daftar pustaka. “Materi disampaikan melalui teori yang didukung oleh media PowerPoint, lalu peserta langsung mempraktekkan apa yang telah diajarkan,” tambah Arifah. 

Ahmad Bari, selaku Ketua HMP PAI, juga menekankan pentingnya pelatihan ini. "Pelatihan ini bertujuan membantu mahasiswa yang belum terbiasa membuat makalah agar bisa menyusunnya dengan baik dan benar," ujar Ahmad Bari. Ia juga menyampaikan bahwa persiapan kegiatan ini dilakukan dalam waktu singkat, hanya seminggu, namun berjalan lancar berkat kerja keras panitia, terutama Divisi Pendidikan HMP PAI. “Respon mahasiswa sangat positif, terlihat dari antusiasme peserta yang hadir,” kata Ahmad.

Narasumber Sedang Memberikan Arahan

Ketua pelaksana sekaligus pemateri kedua, Ari Ansori, menyatakan bahwa pembagian tugas dilakukan dengan cermat untuk memastikan acara berjalan lancar meskipun beberapa mahasiswa memiliki jadwal yang padat karena mengikuti lebih dari satu sekolah. Tantangan ini diatasi dengan membagi tugas sesuai kemampuan panitia. Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan manfaat nyata bagi para mahasiswa baru di Fakultas Tarbiyah. Lebih dari sekadar teori, pelatihan ini memberikan mereka kesempatan untuk mempraktekkan langsung cara penulisan makalah yang benar. Ketua HMP PAI juga menyatakan bahwa pelatihan serupa akan terus dilakukan untuk menunjang kemampuan akademik mahasiswa, termasuk pelatihan pembuatan presentasi PowerPoint dan lainnya yang direncanakan dalam beberapa minggu mendatang. 

Dengan pelatihan-pelatihan ini, Dekan Fakultas Tarbiyah Bapak Drs. Sofrayani, M. Pd. I., berharap para mahasiswanya dapat lebih siap menghadapi tantangan akademik di masa depan serta terus meningkatkan kualitas pendidikan di kampus.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)